Untuk membuat sebuah kaos, paling tidak diperlukan tiga buah mesin jahit yang berbeda. Bahkan untuk kaos dengan kualitas tinggi bisa membutuhkan empat (atau bahkan lebih)jenis mesin yang berbeda. Mari kita berkenalan dengan mesin-mesin jahit kaos…

1. mesin obras : berfungsi untuk menyatukan/menyambung 2 atau lebih bagian kain, misalnya : badan depan dengan badan belakang, badan dengan tangan, badan dan rib dll. Untuk menghasilkan kaos dengan kualitas bagus, diperlukan mesin obras dengan 4 benang. Dengan demikian hasil jahitan akan lebih kuat dan tidak cepat sobek.

2. mesin jahit : berfungsi untuk menambah kekuatan pada hasil obrasan, dan bisa juga untuk menjahit beberapa aplikasi tambahan/variasi pada kaos. Misalnya : untuk menjahit setrip, untuk memasang kantong dll.

3. mesin overdek : berfungsi untuk merapikan ujung-ujung kaos yang dilipat ke dalam, misalnya pada ujung tangan dan ujung bawah kaos. Selain itu, pada kaos-kaos tertentu bisa juga dipakai untuk menimpa obrasan.

4. mesin rantai : berfungsi untuk memasang bis leher, untuk menutup obrasan pada leher bagian dalam. Dengan mesin rantai ini, hasil jahitan akan tampak lebih rapi, apalagi jika dilihat pada bagian belakang kaos akan tampak pola jahitan seperti rantai, sehingga akan menambah kesan eksklusif pada kaos yang dikenakan. Rata-rata, kaos distro sudah menggunakan mesin rantai ini.

5. mesin neci : berfungsi untuk merapikan ujung-ujung kain yang berupa lembaran. Misalnya : ujung-ujung slayer/syal, dan kebanyakan dipakai untuk variasi pada kaos wanita.

6. mesin kansai : berfungsi untuk memasang karet atau setrip. Kita bisa menyetel mesin ini untuk dipakai setrip 2 atau 3, bahkan lebih.

7. mesin bartek : berfungsi untuk menambah kekuatan pada ujung-ujung jahitan dan pada bagian-bagian tertentu yang “ bekerja berat”, misalnya : pada ujung saku, pada ujung resleting, pada ujung tempat sabuk. Kenapa “bekerja berat” ? karena pada bagian tersebut sering kali terkena tekanan ataupun tarikan. Apabila jahitan tidak kuat maka akan cepat sobek.

8. mesin lubang kancing : berfungsi untuk membuat lubang kancing.

9. mesin pasang kancing : berfungsi untuk memasang kancing.

Untuk membuat kaos sederhana cukup 3 mesin yang digunakan, yaitu : mesin obras, mesin jahit dan mesin overdek.

Jumlah komposisi tiap-tiap mesin juga berbeda-beda. Apabila kita banyak membuat kaos oblong, maka mesin yang paling banyak digunakan adalah mesin obras. Sedangkan apabila kita banyak membuat kaos kerah, maka mesin yang paling banyak digunakan adalah mesin jahit.