kedua kain tersebut sama sama terbuat dari 100% benang katun, dan sama-sama biasa digunakan untuk membuat kaos. dan untuk membedakan mana bahan kombed dan mana bahan kardet berikut penjelasannya :

Nama ‘Carded’ berasal dari nama mesin pemintalannya yaitu mesin carding. Banyak juga yang mengatakan bahwa katun carded belum melalui proses washing, yang bertujuan untuk membersihkan atau sebagian besar bahan kimia yang berasal dari proses pencelupan warna. Jenis kain ini cenderung agak kasar dan agak kaku. Hal ini dikarenakan kain katun carded tersusun dari benang-benang yang berbulu dan masih mengandung serat-serat kapas yang pendek. Inilah yang membuat karakter kain carded tersebut menjadi tidak selembut kain katun kaos combed.

Katun karded seringkali menyusut setelah kita cuci. Namun jangan kawatir, jenis kain ini masih cukup dan cocok untuk keperluan promosi, merchandise atau acara perusahaan. Akan tetapi bahan kain seperti ini kurang disukai oleh produsen dan pelanggan kaos distro / clothing.

Istilah katun combed diambil dari nama mesin, yaitu mesin combing. Fungsi dari mesin combing adalah untuk membuang serat  pendek dari kapas yang masih tersisa pada proses mesin sebelumnya (mesin carding). Hasil kain yang telah melewati proses combing dipastikan menjadi lebih lembut dan halus dibandingkan dengan katun carded. Hal ini dikarenakan telah melalui proses washing dengan baik. Jenis kain ini disusun dari benang kapas dimana pada saat spinning (pemintalan) menggunakan mesin tambahan yang disebut dengan mesin combing.

Jenis kain combed ini sangat cocok untuk semua keperluan, apalagi untuk negara Indonesia yang beriklim tropis ini. Jenis kain dengan karakter yang lembut dan nyaman ini lebih disukai oleh pemakainya. Katun combed sangat diminati oleh pencinta kaos distro / clothing karena teksturnya yang halus, lembut dan nyaman dipakai. Katun combed terbagi menjadi beberapa jenis tergantung gramasinya, seperti: combed 20s, combed 24s, combed 30s dan combed 40s.

Untuk mengetahui Perbedaan antara combed dan cardet cukup di lihat , pegang rasakan, jika permukaanya lebih kasar itu katun cardet, dan katun kombet bentuk permukaannya lebih halus., biasanya bahan katun combed banyak digunakan untuk kaos distro distro karna permukaannya yang lebih halus dari katun cardet.

untuk konsultasi untuk pembuatan kaos dan lain lain bisa kontak kami :) .
trimkasih .

CV. Key Co

Komplek Batununggal Indah
Jl Batununggal Indah II Ruko no 61
(Seberang Sekolah St Aloysius Batununggal)
Bandung 40267

Telp/Fax : 022-87301240
Mobile 1 : 0816 486 5396
Mobile 2 : 022-70144751
Pin BB : 228CD6B0